SMA Negeri 2 Sarolangun

Brand Personality Adalah: Fungsi dan Jenisnya

Brand-Personality-Adalah

brand personality adalah sesuatu yang sangat penting untuk pelaku usaha karena brand personality ini bisa membuat brand yang ditawarkan dekat dengan konsumen atau target pasar.

Dengan adanya kepribadian tersebut maka pelaku usaha lebih mudah menjual produk karena konsumen cepat mengingat brand. Brand personality fungsinya tidak sebatas itu saja karena ada fungsi lainnya yang juga sangat penting untuk pelaku bisnis, berikut penjelasannya!

Fungsi Utama Brand Personality 

Pelaku usaha yang masih pemula sangat disarankan untuk membangun brand personality terlebih dahulu karena kepribadian seperti ini mampu membuat bisnis yang dijalani berkembang dengan sangat pesat.

Hal tersebut bisa terjadi karena brand personality mempunyai fungsi yang sangat beragam, untuk mengetahui apa saja fungsi kepribadian tersebut sebaiknya baca ulasan singkat yang ada di bawah ini.

Brand personality bisa dijadikan sebagai alat untuk membedakan brand bisnis yang dimiliki dengan brand bisnis kompetitor. Dengan memiliki kepribadian ini nantinya pelaku usaha tidak akan sulit untuk menemukan konsumen karena konsumen mudah menemukan produk yang dijual selama kepribadian ini masih dimiliki.

Kepribadian pelaku usaha yang kuat bisa membantu konsumen menemukan kelebihan atau keunggulan produk yang dijual sehingga tidak tertarik dengan produk yang dijual kompetitor.

Brand personality wajib untuk dimiliki karena kepribadian ini bisa mempermudah pelaku bisnis dalam membangun brand story. Brand story yang dibuat sangat berhubungan atau relate dengan konsumen yang menjadi target pasar berlaku usaha.

Ketika brand story yang sudah dibuat sudah relate maka peluang untuk bisa mendapatkan konsumen sangatlah besar. Jadi bisa dikatakan kalau brand personality ini sangat mempengaruhi jumlah konsumen yang didapatkan pelaku usaha.

Fungsi lain brand personality adalah mempermudah pelaku usaha berkomunikasi dengan pelanggan melalui produk yang dijual. Perusahaan yang ingin memberikan informasi promo produk dan informasi penting lainnya akan lebih mudah menyampaikan informasi tersebut apabila brand personality sudah dibangun dengan kuat.

Jika komunikasi antara perusahaan dan konsumen sudah terjalin dengan baik maka perusahaan bisa mendapatkan konsumen tanpa harus melakukan promosi secara rutin.

Kepribadian yang tepat juga akan membantu perusahaan mendapatkan konsumen yang lebih loyal atau lebih percaya terhadap produk perusahaan. Tingkat kepercayaan konsumen bisa meningkat pesat dikarenakan kepribadian ini mampu membantu konsumen mengetahui apa saja keunggulan produk dibandingkan dengan produk yang dijual oleh kompetitor. 

Brand personality yang dibuat dengan tepat bisa membuat perusahaan lebih mudah membangun koneksi emosional dengan konsumen.

Koneksi emosional ini merupakan faktor terpenting dalam menjalankan bisnis karena koneksi ini mampu membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang pelaku usaha tawarkan.

Jenis-Jenis Brand Personality 

Brand personality memiliki jenis yang sangat beragam dan setiap jenis kepribadian ini memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda untuk pelaku usaha. Salah satu contoh jenisnya adalah sincerity, kepribadian ini lebih menekankan kepada kebaikan kejujuran dan empati kepada konsumen. Contoh brand yang menggunakan personality seperti ini adalah brand sabun yang menawarkan banyak kebaikan.

Jenis lain brand personality adalah excitement, kepribadian ini lebih cenderung semangat dan juga memberikan suasana yang gembira. Biasanya pelaku usaha yang menggunakan brand personality ini merupakan pelaku usaha yang menjual produk untuk anak muda yang suka dengan kebebasan dan suasana gembira.

Exit mobile version